Cara Efektif Untuk Tidur Nyenyak

Jun 17, 2020 |

Cara Efektif untuk Tidur Nyenyak – Ketika Anda merasa sangat lelah ketika Anda bangun di pagi hari, diikuti oleh rasa sakit kepala, bahkan tertidur di siang hari, pertanda adalah sesuatu yang salah dengan rutinitas tidur Anda. Lihatlah artikel ini untuk menemukan tips dan trik untuk mendapatkan tidur yang cukup dan juga untuk tidur nyenyak.

Cara Efektif untuk Tidur Nyenyak

Cara Efektif untuk Tidur Nyenyak

Beri jarak antara waktu makan dan waktu tidur

Proses pencernaan membutuhkan waktu lama, dan tentu saja, Anda tidak ingin berbaring segera setelah makan. Tidur langsung setelah makan dapat meningkatkan kadar asam lambung dan memicu mulas. Terkadang juga bisa menyebabkan mulas, dada, dan tenggorokan. Berikan jarak yang cukup antara waktu makan malam dan waktu tidur Anda.

Mandi air hangat sebelum tidur

Pada malam hari suhu tubuh turun dan kita mulai merasa lelah, mengantuk, dan lesu. Semakin dingin suhu tubuh, semakin kurang termotivasi kita untuk melakukan kegiatan penting, seperti bernapas dan memompa darah. Mendinginkan tubuh adalah salah satu tubuh alami yang mengindikasikan bahwa kita siap untuk tidur. Namun, pendinginan malam akan menjadi gangguan jika kita berada di lingkungan yang hangat dan lembab, di mana udaranya cenderung tetap pada suhu kamar atau bahkan lebih hangat. Mandi air hangat sebelum tidur dapat membantu tubuh Anda menurunkan suhu alami dan juga melemaskan otot-otot tubuh, sehingga Anda dapat bangun dengan segar.

Atur suhu kamar ideal

Suhu kamar yang ideal untuk tidur nyenyak adalah 20 hingga 23 ° C. dan jika memungkinkan anda juga bisa tidur tanpa pakaian, atau cukup dengan mengenakan pakaian yang tipis saja.

Jauhkan ponsel atau ponsel dari tempat tidur

Melatonin, hormon alami tubuh yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis yang membantu Anda tidur, hanya ada di malam hari. Jadi ketika Anda mematikan lampu di ruangan dan berhenti bermain dengan ponsel Anda sebelum tertidur, otak dan mata Anda mulai mengirim sinyal ke kelenjar pineal Anda untuk mulai memproduksi melatonin. Jika Anda adalah orang yang tidak dapat dipisahkan dari gadget Anda, instal aplikasi yang dapat mengurangi gelombang cahaya biru dari perangkat Anda.

Waktu untuk yoga atau meditasi sebelum tidur

Latihan ringan ditambah dengan sesi relaksasi 10-20 menit sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak, tetapi jangan berlebihan karena tubuh Anda sebenarnya akan lebih lelah dan mungkin terganggu dari tidur. Yoga atau meditasi bisa menjadi cara yang ampuh untuk melawan insomnia, tidak hanya untuk menenangkan pikiran dari stres kerja, tetapi juga untuk mempersiapkan tubuh untuk tidur nyenyak.

Carilah rutinitas ringan sebelum tidur

Matikan lampu sebelum jam 10 pagi, minum teh panas sebelum tidur, atau baca buku ringan sebelum tidur. Either way, membiasakan diri dengan sedikit rutinitas di malam hari adalah membiarkan otak Anda tahu bahwa waktu tidur semakin dekat sehingga otak mulai mengirim sinyal ke seluruh tubuh untuk bersiap tidur.

Jauhkan jam dari tempat tidur

Jika Anda tidak bisa tidur atau bangun di malam hari dan melihat waktu yang tampaknya “menghantui” Anda, itu akan membuat Anda gugup dan cemas, dan akan lebih sulit bagi Anda untuk memulai atau melanjutkan tidur.

Siapkan pakaian dan tas kantor sebelum tidur

Memutuskan pakaian mana yang akan dikenakan untuk hari itu bisa menjadi tugas yang membosankan, belum lagi persiapannya cukup lama. Tidak jarang kode pakaian kantor menjadi beban bagi pikiran sebelum tertidur. Secara tidak sengaja, pakaian kantor Anda membuat Anda murung sepanjang hari. Hemat waktu di pagi hari sehingga Anda dapat sedikit bersantai dengan menyiapkan semua kebutuhan Anda untuk malam berikutnya sebelum tidur, termasuk makan siang dan sarapan Anda.

Hindari minum kopi dan teh di sore hari

Untuk mendapatkan kualitas tidur, hentikan konsumsi segala bentuk kafein (teh, kopi, minuman berenergi, soda, bahkan permen cokelat) dan alkohol setidaknya delapan jam sebelum tidur.

Baca Juga :

 

Posted in: Kesehatan | Tags: , , , , , , ,

Comments are closed.