Pengertian Assessment Menurut Para Ahli: Tujuan, Jenis, Contoh

Definisi evaluasi
Baca cepat Buka

Penilaian adalah penerapan dan penggunaan berbagai alat dan alat untuk memperoleh kumpulan informasi tentang hasil belajar dan kinerja siswa. Pengertian penilaian adalah proses penilaian yang mencakup langkah-langkah yang digunakan untuk mengumpulkan informasi, menafsirkan fakta, dan menggunakannya dalam pengembangan pedoman.

Pada dasarnya, peringkat adalah istilah lain untuk peringkat. Penskoran konsep erat kaitannya dengan penskoran konsep, yaitu suatu metode untuk memperoleh hasil belajar siswa.

Oleh karena itu, proses penilaian harus dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana penyajian pembelajaran dari siswa.

Pengertian lain dari penilaian adalah proses memperoleh data atau informasi dari proses pembelajaran dan memberikan umpan balik kepada guru dan siswa.
Baca lebih lanjut: Memahami Kebangkrutan

Pengertian evaluasi menurut para ahli

Pengertian pendapat ahli adalah sebagai berikut:

  1. Menurut S. Eko Putro Widoyoko (2012: 3)

Evaluasi adalah kegiatan menafsirkan data pengukuran berdasarkan kriteria dan aturan tertentu.

Setelah Djadja Rahadja

Penilaian adalah proses pengumpulan informasi menggunakan alat dan teknik yang tepat untuk membuat keputusan pendidikan tentang magang siswa tertentu dan program pendidikan.

  1. Setelah Richard I. Arends (2008: 217)

Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi tentang siswa dan kelas untuk keputusan pendidikan.

  1. Menurut Palomba dan Banta (1999)

Penilaian adalah pengumpulan, peninjauan, dan penggunaan informasi secara sistematis tentang program pendidikan yang ditujukan untuk meningkatkan pembelajaran dan pertumbuhan siswa. Singkatnya, penilaian adalah pengumpulan sistematis, peninjauan, dan penggunaan informasi tentang program pendidikan untuk meningkatkan pembelajaran dan pertumbuhan siswa.

Menurut Terry Overtun (2008)

Penilaian adalah proses memantau kemajuan dan mengumpulkan informasi untuk membuat keputusan pendidikan bila diperlukan. Seperti yang disebutkan dalam definisi pengujian saya, penilaian dapat mencakup tes, tetapi juga metode seperti observasi, wawancara, pemantauan perilaku, dll.

Artinya, penilaian adalah proses pengumpulan informasi untuk memantau kemajuan, dan ketika disebutkan dalam definisi saya tentang tes, penilaian terdiri dari tes, pengamatan, wawancara, pemantauan perilaku, dll. Dapat dikonfigurasi dalam beberapa cara berbeda.

  1. Menurut Bob Kizlik (2009)

Penilaian adalah proses memperoleh informasi yang berkaitan dengan maksud atau tujuan yang diketahui. Tes adalah penilaian yang dilakukan di bawah kondisi buatan, khusus sehingga dapat dilakukan. Artinya, tidak semua tes adalah tes, tetapi semua tes adalah tes.

Singkatnya, penilaian adalah proses di mana informasi yang relevan dengan tujuan pembelajaran diperoleh. Penilaian ini merupakan istilah luas yang mencakup pengujian (testing).

Tes adalah bentuk khusus dari evaluasi. Pengujian juga merupakan jenis evaluasi. Jadi semua tes ini adalah peringkat, tetapi tidak semua tes adalah tes.

  1. Menurut Angelo T. A. (1991)

Penilaian adalah metode sederhana yang dapat digunakan fakultas lebih awal dan sering untuk mengumpulkan umpan balik tentang bagaimana siswa mempelajari apa yang mereka pelajari. Yang mengatakan, evaluasi kelas adalah metode sederhana dan dapat digunakan untuk mengumpulkan umpan balik tentang seberapa baik seorang siswa telah mempelajari apa yang telah mereka pelajari di awal dan setelah lulus.

  1. Menurut James A. Poteet dan Ronald C. Eaves (1985)

Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi. Bagi guru, penilaian merupakan tujuan untuk menentukan kemampuan mengajar.
Baca lebih lanjut: Konflik adalah

  1. Jamaris dalam Makalah Perkembangan Anak Tenaga Kerja Asing Berbasis Multiple Intelligences (2004)

Pengertian penilaian pendidikan anak usia dini adalah suatu proses kegiatan yang dapat dilakukan dengan tujuan untuk mengumpulkan data atau bukti tentang perkembangan bayi dan hasil belajar.

  1. Menurut Hargrove dan Poteet (1984)

Penilaian adalah proses mengumpulkan informasi menggunakan alat dan teknik yang tepat. Evaluasi adalah proses mengumpulkan informasi menggunakan alat dan teknik yang tepat.

  1. Kementerian Pendidikan NSW (Arthur 1996: 324)

Penilaian adalah proses menghargai bukti dan menentukan kebutuhan, kekuatan, keterampilan, dan hasil siswa. Pentingnya penilaian adalah proses mengumpulkan fakta dan membuat keputusan tentang kebutuhan, kekuatan, keterampilan, dan kemajuan siswa.

  1. Menurut NAEYC dan NAESC/SDE (1991)

Penilaian adalah proses mengamati, mencatat dan mengumpulkan berbagai dokumen dan metode kerja yang dilakukan oleh anak

Lihat Juga :

https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://excite.co.id/
https://creasi.co.id/