8 Cara Mudah Mengurangi Rasa Pegal Pada Tubuh

Jul 27, 2019 |

8 Cara Mudah Mengurangi Rasa Pegal Pada Tubuh

Setiap orang pasti pernah mengalami nama lelah dan pegal di badan. Kondisi ini disebabkan oleh ketegangan yang terjadi pada otot dan melukai otot atau tendon. Ketegangan otot itu sendiri juga disebabkan oleh berbagai hal, seperti kurang tidur, pola nutrisi yang buruk, banyak aktivitas, stres dan banyak lagi.

Untuk mengatasi kekakuan, seseorang terkadang memilih pijatan tradisional atau menggunakan alat bantu modern seperti kursi pijat.

Cara Mudah Mengurangi Rasa Pegal

Beberapa juga menggunakan minyak dan salep untuk menguranginya. Ada juga yang rajin mengonsumsi suplemen makanan untuk mencegah tubuh terlalu lelah.

Tetapi tahukah Anda bahwa selain memijat atau mengoleskan salep, ada banyak cara sederhana untuk menghilangkan rasa sakit? Lihat ulasan di bawah ini, ya.

1. Menyelam atau mandi air hangat untuk mengatasi kekakuan

Menyelam atau mandi air hangat untuk menghilangkan rasa sakit
Setelah hari yang aktif, tubuh biasanya terasa sakit. Untuk tidur dengan nyaman dan tanpa rasa sakit, Anda bisa mandi atau mandi air panas.

Metode ini efektif untuk membuat otot tegang dan rileks. Anda juga akan melupakan stres dan kekhawatiran yang Anda rasakan di siang hari.

Selain itu, Anda dapat menambahkan garam Epsom atau minyak aroma untuk relaksasi yang lebih dalam. Garam Epsom sendiri terbukti efektif mengurangi rasa sakit.

2. Kurangi rasa sakit dengan minum banyak air

Meringankan rasa sakit dengan banyak air minum
Penyebab utama sakit tubuh adalah dehidrasi atau dehidrasi. Karena itu, cairan tubuh perlu dipenuhi dengan minum 8 gelas air setiap hari.

Air memiliki keunggulan dari tendon yang rileks dan otot yang tegang. Selain itu, air dapat melarutkan kadar asam urat dalam tubuh, yang kemudian dilepaskan melalui urin. Ini akan mempercepat metabolisme tubuh sehingga tidak mudah terserang kekakuan.

3. Terapi dingin bisa menghilangkan rasa sakit

Terapi dingin bisa menghilangkan rasa sakit
Terapi dingin biasanya dilakukan oleh atlet ketika mereka kelelahan. Seperti pelatih sepak bola, merendam es batu untuk menghilangkan rasa sakit dan meregangkan otot-otot para pemain.

Jika Anda tidak tahan dengan suhu rendah, Anda bisa memeras bagian tubuh yang sakit dengan handuk atau kantung es batu. Kompres dan peras selama 15 menit. Temperatur yang rendah bisa menghilangkan rasa sakit.

4. Minumlah air jahe saat habis

Jahe adalah obat alami yang bekerja melawan pembengkakan tubuh. Antioksidan dan khasiat penyembuhan yang dikandungnya dapat menetralkan racun tubuh dan mempercepat pemulihan rasa sakit dan nyeri.
Cara menggunakannya mudah. Masak saja atau masak jahe di dalam air. Tambahkan madu jika Anda tidak suka rasa pedas dari jahe.

5. Peregangan setelah aktivitas efektif mengatasi rasa sakit

Cara termudah untuk mengatasi rasa sakit adalah memanjangkan tubuh. Peregangan dilakukan untuk mengendurkan bagian otot yang direntangkan. Bagi Anda yang bekerja di komputer, Anda harus meregangkan setidaknya satu jam sekali selama 2 menit.

6. Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 dan zat besi

Nyeri atau kelelahan kadang-kadang disebabkan oleh anemia, yaitu kurangnya sel darah merah. Karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan kaya zat besi seperti daging tanpa lemak, tahu, kerang, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk mengembalikan sel darah merah.

Untuk menambah energi, Anda juga membutuhkan asam lemak omega-3 yang isinya tidak diproduksi secara alami oleh tubuh. Anda dapat menemukan Omega 3 pada ikan berminyak seperti salmon, mackerel dan tuna.

7. Atasi kekakuan dengan berlatih secara rutin

Jika Anda terluka, Anda harus malas untuk melakukan lebih banyak aktivitas. Namun, olahraga adalah cara paling efektif untuk mengatasi kelelahan.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur lebih aktif, lebih efisien dan tentu saja lebih sehat.

Olahraga seharusnya tidak sesulit berlari satu jam. Anda dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti menari, seni bela diri atau bersepeda, yang penting untuk gerakan tubuh yang aktif. Partisipasi dalam kelas yoga juga memiliki efek positif pada kelelahan.

8. Tidur yang cukup untuk mengatasi rasa sakit
Tidur yang cukup untuk mengatasi rasa sakit
Cara termudah untuk mengatasi kelelahan adalah memberi

Baca Juga :

Posted in: Kesehatan

Comments are closed.