Cara Jitu Mengakali Rasa Bosan Makan Makanan Sehat

Dec 5, 2019 |

Jika saat ini Anda aktif makan sehat, ada saatnya Anda merasa kurang nafsu makan untuk menu yang sama. Tentu saja, jika Anda merasa bosan makan sehat, tetapi jangan melepaskannya lagi dengan mencicipi junk food atau trotoar goreng. Untuk membantu mengatasi kebosanan, kami merujuk pada saran berikut.

Makan makanan sehat jelas bermanfaat bagi tubuh. Selain mampu memberikan energi yang lebih tahan lama, diet seimbang yang sehat juga membantu regenerasi sel-sel tubuh, mendukung pertumbuhan otot dan meningkatkan kekebalan terhadap berbagai penyakit serius. Karena itu, penting agar Anda terus berusaha makan sehat setiap hari. Dan apakah Anda merasa bosan?

Cara Jitu Mengakali Rasa Bosan Makan Makanan Sehat

1. Buat perubahan menu
Makanan sehat identik dengan salad sayuran segar. Tetapi tidak harus seperti ini selamanya. Jika Anda bosan dengan salad tetapi masih ingin makan sayuran, mengapa tidak mencoba versi lokal?

Ganti selada, kol dan saus Kepulauan Seribu dengan karedok segar yang ditaburi dengan saus kacang dan kencur atau parutan kelapa trancam. Atau, letakkan sayuran favorit Anda dalam hidangan pasta atau buat burger nasi diisi sayuran.

Selain itu, salad tidak hanya mengandung sayuran atau buah segar, tetapi Anda dapat menambahkan kacang yang dibumbui dan dipanggang, jamur atau potongan daging ayam.

2. Tingkatkan keterampilan kuliner
Dilaporkan oleh Very Well, jika kapasitas memasak Anda terbatas untuk menyiapkan salad atau mie rebus, jelas pilihan resep makanan yang dapat Anda buat juga akan terbatas. Selanjutnya, restoran atau tempat makan yang menyajikan makanan sehat dan seimbang di sekitar kita masih bisa dihitung dengan jari, atau bahkan mahal. Akhirnya, menu makanan yang Anda lakukan hanya itu, itu membuat Anda bosan dan nafsu makan Anda berkurang.

Agar tidak cepat bosan dengan makan sehat, keseimbangan terus meningkatkan keterampilan kuliner Anda. Beli panduan memasak atau cukup telusuri resep menu sehat lainnya di ponsel Anda. Jangan lupa untuk menulis dan menyimpan buku harian makanan setiap minggu.

3. Ayo belanja

Jika bahan-bahan yang tersedia di lemari es Anda hanya itu, tidak aneh jika Anda bosan untuk waktu yang lama. Cobalah pergi ke pasar atau toko buah dan sayuran untuk membeli berbagai sayuran dan buah-buahan lain yang Anda sukai. Juga tambahkan beberapa rempah-rempah alami, biji-bijian, kacang-kacangan yang dapat Anda gunakan sebagai penambah rasa.

Jangan lupa untuk membuat catatan belanja di muka, sehingga anggaran pembelian Anda tidak terlalu besar. Jadi, mulailah membersihkan buah atau sayuran di lemari es yang tidak bisa dikonsumsi. Anda dapat mencampur makanan yang baru saja Anda beli dengan makanan yang sudah tersedia. Ini menghindari sisa makanan yang sudah lama diawetkan.

4. Tambahkan aroma
Ada banyak aroma makanan yang bisa Anda tambahkan untuk memperkaya rasa makanan. Berikut beberapa makanan yang bisa Anda gunakan, seperti:

Cuka atau sari apel untuk meningkatkan rasa daging, ikan, atau salad
Kecap atau saus kecap untuk menambahkan rasa pada telur, daging, ikan, sayuran atau kentang
Bumbu-bumbu seperti kayu manis, pala, lada hitam, jintan, kemangi, ketumbar, mint atau gandum untuk menambah rasa gurih dan manis pada makanan
Sereal, seperti biji rami dan biji chia, dapat ditambahkan ke yogurt atau sereal
Minyak zaitun dan lemon atau ekstrak almond memproses makanan secara sehat, meningkatkan rasa makanan

5. Ubah menu sesering mungkin
Menyimpan jurnal menu setiap minggu adalah penting. Ini menghemat waktu Anda selama persiapan bahan yang Anda beli. Coba buat menu yang bervariasi.

Misalnya, jika Anda makan brokoli hari ini, ganti dengan bayam atau kubis besok. Jika Anda bosan dengan ayam, ganti dengan ikan atau daging sapi. Jadi, jika Anda bosan dengan oatmeal untuk sarapan, ganti quinoa atau roti panggang dengan telur orak dan irisan alpukat.

Baca Juga :

Posted in: Kesehatan

Comments are closed.